Pelestarian Bangunan Kuno di Kota Bogor Akan diatur dalam Perda -bogornews.com

Pelestarian Bangunan Kuno di Kota Bogor Akan diatur dalam Perda
Sabtu, 11 Oktober 2014 – WIB

BOGORnews, == Pemerintah Kota Bogor telah menyampaikan perubahan terhadap Peraturan Daerah (Perda) No : 7 tahun 2006 tentang Bangunan Gedung kepada DPRD Kota Bogor untuk bisa ditetapkan menjadi Perda yang definitif.

Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman menjelaskan, perubahan Perda No : 7 tahun 2006 dibutuhkan sehingga Kota Bogor memiliki Perda yang lebih efektif dalam mengatur perihal pengawasan, pengendalian, pemanfaatan ruang Kota serta bangunan Gedung.

Usmar menjelaskan, dalam perubahan perda No : 7 tahun 2016 diantaranya mengatur tentang pelestarian bangunan – bangunan gedung yang tergolong sebagai pusaka Kota Bogor. “ Kita ketahui bahwa Kota Bogor menjadi salah satu anggota dari kota-kota pusaka Indonesia, “ kata Usmar.

Oleh kerena itu, lanjut Usmar, Kota Bogor perlu mempunyai peraturan tentang bangunan – bangunan berarsitektur kuno, bersejarah yang perilu dilindungi dan dilenstarikan.

Dalam perda itu, kata Usmar, Pemerintah Kota Bogor bisa membongkar bangunan – bangunan gedung yang dinilai tidak sesuai dengan perizinannya atau bahkan melanggar izin yang telah diberikan.

Selama ini, diakui Usmar, pembongkaran terhadap bangunan seperti itu, biayanya menjadi tanggungan si pemilik. Namun, ketentuan tersebut ada kalanya tidak dapat dilaksanakan antara lain karena pemilik bangunan beralasan tidak ada biaya atau belum punya biaya.

Makanya, jelas Usmar, melalui perda ini akan diatur tentang biaya pembongkaran yang bisa ditanggung Pemerintah Kota Bogor. Jadi, pembongkaran perlu dilakukan agar penindakan terhadap bangunan pelanggar izin bisa berjalan optimal, “ kata Usmar saat menyampaikan enam Raperda kepada DPRD Kota Bogor.

Enam raperda tersebut yaitu Rancangan APBD perubahan tahun 2014, Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2014-2019, Raperda Penyelenggaraan Reklame, Raperda Penyelenggaraan Jalan, Raperda Bangunan Gedung, dan Raperda Retribusi Perizinan Tertentu. (iso)

note : sekalian aja pak , itu yang bangunan cagar budaya juga pada ga punya imb, melanggar kan? rubuhin semuanya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s