Bima Arya Berjanji Akan Mendata Ulang Benda Cagar Budaya-inilah.com

Bima Arya Berjanji Akan Mendata Ulang Benda Cagar Budaya

January 25, 2014

INILAHBOGOR (KOTA BOGOR) – Kondisi bangunan SMA Negeri 1 dan SMP Negeri 1 Kota Bogor yang semula merupakan benda cagar budaya (BCB) kini hilang ditelan moderenisme arsitektur. Hilangnyanya bangunan yang menjadi Aset Nasional itu, dinilai sebagai bentuk ketidak pedulian pemerintah daerah dan jajaran pendidikan kota Bogor akan arti sejarah bagi peradaban manusia.

Menyikapi hali itu, Walikota Bogor Terpilih, Bima Arya Sugiarto mengatakan, bahwa kedepan pihaknya akan lebih menata benda-benda dan bangunan cagar budaya.

“Dengan masuknya Kota Bogor sebagai Kota Pusaka, kedepan kita akan lakukan penataan terhadap peninggalan benda-benda bersejarah di Kota Bogor. Salah satunya terkait dengan benda dan bangunan cagar Budaya.” ungkap Bima Arya kepada inilahbogor.com usai menghadiri pembukaan Depelovment Basketball Legue (DBL) di GOR Pajajaran Bogor, Sabtu (25/1/14).

Dikatakannya, Dikatakannya, Benda Cagar Budaya (BCB) adalah merupakan peninggalan sejarah yang perlu mendapatkan perhatian dari semua pihak, terutama pemerintah, baik pusat, provisi dan daerah.

“Untuk itu kedepan kita akan kembali mendata benda-benda dan bangunan cagar budaya, baik itu milik pemerintah kota maupun perorangan,” katanya.

Ditanya perihal hilangnya bangunan benda cagar budaya yang kini beralih wujud menjadi bangunan bernuansa modern, Bima menuturkan bahwa pasca April 2014 mendatang pihaknya akan mengingatkan kepada pihak-pihak yang menempati bangunan bernilai sejarah dan cagar budaya untuk dapat sama-sama menjaga kelestarian bangunan tersebut, termasuk yang kini terjadi terhadap SMA dan SMP Negeri 1 Bogor.

Reporter : Herman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s