Hari Jadi Bogor 2009 – Kampoeng Bogor

Tepatnya 3 Juni nanti, Kota Bogor tercinta kita tepat berusia 527 tahun. Bogor telah mengalami perjalanan yang sangat panjang hingga 527 tahun. Di usia nya, sisa-sisa identitas dan kejayaannya masih termanifestasikan dalam berbagai monumen dan peninggalan yang menjadi saksi sejarah keberadaan dan perkembangan sebuah peradaban yang senantiasa ramah dan bersahaja. Perjalanannya sepatutnya membuat kota ini semakin besar hingga mendorong kebanggaan bagi setiap penghuni yang ada di dalamnya.

Tak bisa dipungkiri, seiring berkembangnya zaman, maka mau tak mau Bogor pun harus turut berkembang, berubah dan menyesuaikan diri dengan meningkatnya jumlah penduduk, disertai dengan meningkatnya pula kebutuhan ekonomi sebagai pendukungnya.

Perkembangan ini harus disadari telah meninggalkan banyak hal demi sebuah perubahan. Sebuah identitas yang semakin lama semakin bias. Budaya yang seharusnya menjadi kebanggaan pun semakin ditinggalkan, entah ciri apa lagi nanti yang akan Bogor miliki.

Secara fisik, Bogor memang tidak dapat kembali lagi pada saat gubernur jendral menemukannya. Tetapi secara nilai, mungkin masih ada yang bisa dipertahankan. Nilai-nilai yang membuat Bogor waktu dulu sangat banyak orang yang mengaguminya. Nilai-nilai yang menjaga Bogor tetap bersahaja, memiliki karakter, memiliki ciri khas, dan menjadi kebanggaan setiap orang yang tinggal di dalamnya.

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Bogor ke 527, Kampoeng Bogor akan mengadakan PAMERAN FOTO HARI JADI KOTA BOGOR 527 yang akan diselenggarakan pada:

1. Taman Kencana, 03 dan 10 Mei 2009

2. Botani Square, 1 s.d. 7 Juni 2009

3. The Jungle (Bogor Expo), 7-15 Juni 2009*

4. Gumati Cafe, 22 s.d. 28 Juni 2009

5. Kebun Raya Bogor, 13 dan 14 Juni 2009*

*Waktu masih dapat berubah…

Pameran Hari Jadi Kota Bogor yang ke-527 merupakan sebuah kegiatan yang diupayakan dapat menjadi media warga Kota Bogor untuk lebih mengenal Kotanya. Harapannya dengan memahami nilai dan identitas Kotanya, akan muncul kepedulian akan wilayah yang ditinggalinya. Dengan upaya ini, Bogor diharapkan dapat terus berkembang dengan baik, tanpa harus kehilangan jati dirinya.

Bentuk kegiatan yang akan dihadirkan dalam pameran ini adalah:

1. Pameran Foto Kota Bogor tempo dulu

Kegiatan ini akan menghadirkan 40 buah foto Kota Bogor masa lalu, yang merupakan koleksi kampoeng bogor yang diperoleh dari berbagai sumber.

2. Pusat Informasi

Selain melihat koleksi foto yang dipamerkan, warga Kota Bogor juga dapat mengakses cerita di balik foto-foto tersebut, artikel mengenai beberapa wilayah di Kota Bogor, dan informasi mengenai kegiatan Kampoeng Bogor yang tersedia di stand informasi.

3. Penjualan merchandise

Produk yang ditawarkan memiliki nilai edukasi terhadap Kota Bogor.

Melalui kegiatan ini kami mencoba mengajak warga Bogor untuk melihat, paham, menikmati, mengenang dan mengenal bagaimana Kota Bogor sesungguhnya. Memang ini bukan kali pertamanya kami menyelenggarakan pameran foto Bogor tempo dulu. Karena perlu dipahami bahwa untuk membuat masyarakat Kota mengenal, peduli dan menjaga Kotanya memang bukanlah hal yang mudah dan memerlukan investasi jangka panjang. Namun langkah ini harus ditempuh untuk mengajak lebih banyak orang peduli akan Bogor. Dengan demikian, Hari Jadi Bogor yang merupakan agenda tahunan warga Bogor, menjadi momen yang tepat untuk terselenggaranya kegiatan ini, dimana masyarakat Kota Bogor dapat merefleksikan apa yang telah dilalui Kota ini hingga usianya yang ke 527.


F.S.Putri Cantika (Uthie)
08567174888 / 0251-9276888
uthie@kampoengbogor .org
Kepatihan Bewara (Humas)
Komunitas Kampoeng Bogor
Jl. Pangeret Ujung No. 12 RT 01/12
Kelurahan Tegal Gundil
Bogor Utara, Indonesia

2 thoughts on “Hari Jadi Bogor 2009 – Kampoeng Bogor

  1. Ass.wr.wb.
    Untuk melengkapi wacana, apakah “kampoengbogor” dapat melengkapi informasi adanya sentra2 kerajinan khas bogor. Misal daerah Ciapus dsk merupakan sentra kerajinan sepatu, di Pancasan ada rumah gong, dsb, dsb. Sehingga wisnu atau wisman dapat mengunjungi.
    Sangat terkesan sekali saya membaca buku “De Negorij Bogor, Kumpulan Artikel Sejarah Kota Bogor”, sehingga serta merta coba buka websitenya.
    Untuk memasyarakatkan komunitas ini bisa diadakan undangan pada PKK dari seluruh kelurahan di Kota Bogor (Kota Bogor dulu sebelum KampoengBogor memperluas kegiatan menelusuri perubahan kota Bogor menjadi ‘Kota dan Kabupaten Bogor’), sehingga timbul kepedulian untuk melestarikan Bogor dari dalam warga Bogor, sekalian meningkatkan peran dan pemberdayaan wanita Bogor pada khususnya dan menjadikan Bogor percontohan pemberdayaan wanita pada umumnya.

    Selamat untuk Ridha M Ichsan dan Uthie, semoga KampoengBogor terus berkembang.

    Wassallamu’alaikum wr.wb.

    Diah AE.

  2. Wassallamu’alaikum wr.wb

    hehehe, maap mba diah, saya bukan dari tim kampoeng bogor, tapi saran2 anda akan saya teruskan pada merekašŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s